analisis swot sebagai teknik analisis manajemen

dalam kegiatan intelektual, ada istilah yang dinamakan analisis kasus yaitu suatu teknik untuk memformulasikan dan membuat rekomendasi, sehingga dapat diambil tindakan manajemen yang tepat seuai dengan kondisi atau informasi yang diperoleh dalam pemecahan kasus tersebut paper ini akan menjelaskan proses untuk melaksanakan analisis kasus berikut perumusan strategi dan formulasi rekomendasi yang dipilih dengan pendekatan analisis swot.

analisa swot digunakan sebagai suatu sarana pendekatan dalam menganalisa berbagai kasus dalam bidang pemerintahan. penggunaan analisa swot ini sebenarnya telah muncul sejak ribuan tahun yang lalu dari betuknya yang paling sederhana, yaitu dalam rangka menyusun strategi untuk mengalahkan musuh dalam setiap pertempuran, sampai menyusun strategi untuk memenangkan persaingan bisnis, dengan konsep menang-menang atau cooperation dan competition.

sebenarnya konsep dasar pendekatan swot ini, sederhana saja yaitu sebagaimana dikemukakan oleh sun tzu ( fredy rangkuti : x ) , bahwa “apabila kita telah mengenal kekuatan dan kelemahan lawan, sudah dapat dipastikan bahwa kita dapat memenangkan pertempuran“. dalam perkembangannya saat ini analisis swot, tidak hanya dipakai untuk menyusun strategi di medan pertempuran, melainkan banyak dipakai dalam penyusunan perencanaan strategis pemerintahan yang bertujuan untuk menyusun strategi-strategi jangka panjang, sehingga arah dan tujuan dapat dicapai dengan jelas dan dapat segera diambil keputusan.

secara sederhana analisis swot dapat diartikan sebagai suatu alat yang berfungsi untuk mengetahui peta kekuatan (strengths) , kelemahan (weakness), peluang (opportunities) dan ancaman (treaths) organisasi guna penentuan faktor unggulan dan strategi interaksi efektif yang tepat dilakukan dalam mencapai sukses yang lebih besar.

dengan analisis swot akan dapat dicermati perubahan lingkungan dan mengadaptasi atau menyesuaikan dengan perubahan kebutuhan, keinginan publik sebagai salah satu keunggulan organisasi meraih sukses yang lebih besar. melalui analisis swot akan dapat dilakukan penyesuaian visi, misi, dan tujuan organissasi sesuai dengan perubahan keinginan, harapan publik atau pelanggan. hasil penelitian membuktikan bahwa kemampuan memilih dan memadukan faktor kunci sukses internal dan eksternal akan dapat membangun sinergi keunggulan organisasi mencapai sukses yang lebih besar.

konsep analisis swot bahwa siapa mengetahui keadaan medan kekuatan dan kelemahan lawan dan diri sendiri akan memenangkan perjuangan. siapa yang dapat memadukan aatau mencipatakan interaksi efektif anatara strengh (kekuatan) dengan opportunities (peluang) dan meminimalkan kelemahan dengan ancaman akan memiliki keunggulan meraih sukses yang lebih besar. dengan membangun interaksi yang efektif antar faktor kunci sukses akan tercipta sinergi dalam meraih peluang atau tujuan organisasi.