Alat Analisis : Pengujian Ekonometri, Statistik & Analisis Ekonomi


Pengujian Ekonometri
Pengujian ekonometri  ini sering disebut dengan uji asumsi klasik. Pengujian ini dilakukan untuk menjamin bahwa model yang digunakan bebas dari gangguan multikolinearitas, heteroskedastisitas dan otokorelasi.
  1. Uji multikolinearitas. Uji ini dilakukan untuk melihat apakah sebuah model terdapat hubungan antarvariabel bebasnya. Gejala multikolinearitas dapat dideteksi dengan melihat adanya koefisien determinasi yang tinggi tetapi tingkat signifikan variabel bebas berdasarkan uji-t tidak ada yang signifikan.
  2. Uji heteroskedastisitas. Uji ini dilakukan untuk mengetahui apakah nilai disturbance (faktor pengganggu) dari variabel yang diestimasi memiliki variance yang sama atau homoskedastisitas seperti yang disyaratkan oleh asumsi klasik yaitu E (u2j) 
  3. Uji autokorelasi. Otokorelasi adalah korelasi antara anggota serangkaian observasi yang diurutkan menurut waktu (data time series) dengan hipotesis : Ho : Tidak terdapat otokorelasi. Ha : Terdapat otokorelasi. Kriteria penentuan adanya gejala otokorelasi berdasarkan daerah interval sebagai berikut : d < dl,   Ho ditolak dan terdapat otokorelasi positif. d > 4 - dl, berarti tolak Ho ada otokorelasi negatif. dl < d < du, berarti tidak ada keputusan (inconclusive). (4-du)< d <(4-dl), berarti tidak ada keputusan (inconclusive). du< d<(4-du), berarti terima Ho (tidak ada otokorelasi)
Pengujian Statistik
Pengujian statistik adalah untuk memastikan apakah variabel bebas secara parsial maupun bersama mempunyai pengaruh terhadap variabel tak bebas atau untuk menguji apakah hipotesis dapat diterima atau ditolak pada derajat kepercayaan 95% dan untuk mengetahui tingkat signifikan atau berapa jauh pengaruh tersebut dengan melakukan uji-t, Uji-F, dan pengukuran goodness of fit atau Koefisien Determimasi (R2). 

Analisis Ekonomi
Analisis ekonomi perlu dilakukan karena dengan pengujian model yang dibentuk terhadap teori ekonometri yang mendasar ini dilakukan dengan membandingkan slope parameter variabel bebas hasil estimasi dengan teori ekonomi yang mendasarinya atau dengan beberapa studi empiris yang sejenis yang pernah diteliti.