perilaku organisasi

sebagai suatu bidang studi, perilaku organisasi mencakup semua aspek yang berhubungan dengan tindakan manusia yang tergabung dalam suatu organisasi atau kelompok kerjasama, yaitu aspek pengaruh organisasi terhadap manusia dan juga sebaliknya, pengaruh manusia itu sendiri terhadap organisasi. namun demikian pembahasan akan lebih ditekankan pada bagaimana perilaku manusia akan mempengaruh efisiensi dan efektivitas suatu organisasi.

secara keseluruhan dalam mempelajari perilaku organisasi tercakup 4 (empat) unsur utama yaitu ;
  1. aspek psikologi tindakan manusia itu sendiri sebagai hasil studi psikologi.
  2. adanya bagian lain yang diakui cukup relevan bagi usaha mempelajari tindakan manusia dalam organisasi. uang misalnya merupakan salah satu faktor pertimbangan mengapa seseorang memasuki organisasi, oleh sebab itu ilmu ekonomi perlu juga mendapat perhatian psikologi.
  3. perilaku organisasi sebagai suatu disiplin mengakui bahwa individu dipengaruhi oleh bagaimana di atas dan siapa yang mengawasi mereka. oleh sebab itu struktur organisasi menyerap peranan penting dalam membahas perilaku organisasi
  4. walaupun disadari akan adanya keunikan masing masing individu, perilaku organisasi lebih banyak menekankan pada tuntutan manajer bagi tercapainya tujuan organisasi secara keseluruhan. dengan demikian selalu diusahakan agar usaha masing masing individu selaras dengan tujuan organisasi
dari uraian di atas, dapatlah disimpulkan beberapa hal yang sangat penting untuk diperhatikan, pertama perilaku organisasi adalah suatu bidang yang interdisipliner dan yang memanfaatkan hasil dari cabang ilmu yang lain. kedua walaupun mendapat timbangan dari ilmu yang lain, bidang ilmu ini tetap dapat berdiri sendiri, karena pusat perhatiannya pada manusia dalam berorganisasi. ketiga perilaku organisasi memberikan arahan dan petunjuk bagi pencapaian tujuan dengan lebih balk. hal berbeda dengan psikologi dan organisasi sosiologi yang hanya memberi bantuan untuk dapat mengerti dan menguraikan tindakan seseorang atau kelompok, sedangkan perilaku organisasi berhubungan dengan pemanfaatan pengetahuan bagi pencapalan tujuan organisasi sebagaimana yang diharapkan.

Toko Buku Online Terlengkap