efektivitas organisasi

untuk menilai apakah suatau organisasi efektif atas tindakan secara keseluruhan ditentukan oleh apakah tujuan organisasi itu tercapai dengan baik atau sebaliknya. berikut ini akan dikemukakan beberapa aspek penilaian efekfivitas organisasi, terutama yang berkaitan dengan model model yang dapat dipergunakan. bila kita mengkaji kembali perkembangan teori dan ukuran yang dapat digunakan untuk menilal efektivitas organisasi sesungguhnya sudah cukup banyak teori an ukuran yang telah diketengahkan oleh para pakar mulai teori yang sederhana sampal yang cukup kompleks.

teori yang paling sederhana ialah teori yang berpendapat bahwa efektivitas organisasi sama dengan prestasi organisasi secara keseluruhan, menurut pandangan ini efektivitas organisasi dapat diukur berdasarkan seberapa besar keuntungan yang diperolehnya. dalam hal ini misalnya keuntungan lebih besar, maka berarti organisasi makin efektif, dari sisi lain, organisasi dapat dikatakan efektif bila jumlah pengeluaran makin lama makin menurun. dengan perkataan lain menurut teori ini efektivitas organisasi ditentukan oleh efisiensinya.

pandangan yang juga penting untuk kita perhatikan ialah teori yang menghubungkan pengertian efektivitas organisasi dengan tingkat kepuasan para anggotanya. menurut pandangan ini suatu organisasi dikatakan efektif bila para anggotanya merasa puas, pandangan ini merupakan kelanjutan pandangan penganut paham hubungan antara manusia yang menempatkan kepuasan anggota sebagai inti persoalan organisasi dan manajemen.