uraian singkat tentang konsep kinerja

perkataan kinerja atau performancy adalah serapan dari kata dalam bahasa inggris performance. berdasarkan kajian literatur diperoleh keterangan, bahwa performance merupakan fungsi dari ability dan motivation (dubrin, 1990 : 292) dalam giroth (2004 : 100). kinerja sama dengan fungsi kesanggupan (ability), usaha (effort) dan kesempatan (opportunity), f.e. kast dan j.e. rossenzweig (2002 : 25). pakar lain menegaskan bahwa dimensi kinerja adalah motivasi, ability, dan opportunity, s.p. robin (1989 : 174). jadi kinerja menurut giroth (2004 : 100) itu ditentukan oleh tiga faktor utama, yaitu kemampuan, motivasi, dan peluang.

menurut lembaga administrasi negara, pengertian kinerja adalah “prestasi kerja, pelaksanaan kerja/hasil kerja/penampilan kerja yang diterjemahkan dari performance“.

sedangkan menurut fieldman dalam supriatna (2001 : 132) pengertian kinerja adalah : “prinsip dasar manajemen menyatakan bahwa kinerja merupakan perpaduan antara motivasi yang ada pada diri seseorang dan kemampuannya dalam melaksanakan suatu pekerjaan“.

job performance atau actual performance (prestasi kerja atau prestasi sesungguhnya yang dicapai seseorang) merupakan awal dari munculnya istilah kinerja. menurut mangkunegara (2003 : 67), kinerja (prestasi kerja) adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan padanya.

sementara itu diungkapkan pula oleh armstrong, dalam supriatna (2001 : 132) dalam istilah manajemen (performance management), kinerja dapat diartikan : ”performance management is a means of getting better result from the organization, teams and individuals by understanding and managing. performance within an agreed frame work of planed, objectibes and standard”. manajemen kinerja berarti mendapatkan hasil yang baik dari organisasi kelompok dan perorangan lewat pengertian dan pertimbangan bersama dengan berpedoman pada suatu standar kerja. faktor yang mempengaruhi pencapaian kinerja adalah faktor kemampuan (ability) dan faktor motivasi (motivation).