metode penelitian : desain penelitian

dalam suatu penelitian diperlukan adanya suatu metode penelitian yang mempermudah pencapaian tujuan penelitian. karena pada dasarnya dalam metode penelitian merupakan suatu proses mencari sesuatu secara sistematik dalam waktu tertentu, dengan menggunakan metode ilmiah serta aturan-aturan yang berlaku.

menurut sugiyono (2001:1) : “ metode penelitian merupakan suatu metode atau cara yang digunakan untuk mendapatkan data dengan tujuan tertentu“. sesuai dengan tujuan penelitian, maka dalam penelitian ini kita menggunakan penelitian kualitatif. kirk dan miller mengemukakan bahwa metode kualitatif adalah “tradisi tertentu dalam ilmu pengetahuan sosial yang secara fundamental bergantung pada pengamatan pada manusia dalam kawasannya sendiri dan berhubungan dengan orang-orang tersebut dalam bahasanya dan dalam peristilahannya”.

pendapat lain dikemukakan oleh sugiyono (2001:4-6) yang mengemukakan bahwa penelitian deskriptif adalah “penelitian yang dilakukan terhadap variabel mandiri, yaitu tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan dengan variabel lain” sedangkan “metode kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek alami (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci. teknik pengumpulan data dilakukan secara trianggulasi (gabungan), data yang dihasilkan bersifat deskriptif, dan analisis data dilakukan secara induktif. hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi”.

lebih lanjut bogdan dan taylor dalam moleong (2002:3) menyebutkan “metode kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati”. metode penelitian tersebut harus sesuai dengan kondisi lapangan dan pokok bahasan yang diteliti, dan penulis menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan induktif.

menurut nazir (1999:63) bahwa : metode penelitian deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti status kelompok manusia, suatu objek, suatu kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa di masa sekarang, yang bertujuan untuk deskripsi, gambaran, lukisan secara sistematis, aktual dan akurat mengetahui fakta-fakta serta sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki.

sedangkan menurut arikunto (2002:245) : “ penelitian deskriptif pada umumnya merupakan penelitian non hipotesis sehingga dalam langkah penelitian tidak perlu merumuskan hipotesis “. dengan demikian penelitian deskriptif dengan pendekatan induktif adalah suatu metode yang berangkat dari fakta-fakta yang bersifat khusus kemudian diteliti, dengan cara menggambarkan atau melukiskan secara sistematis faktual dan akurat mengenai suatu objek penelitian, dan dari hasil penelitian tersebut ditarik kesimpulan dengan pernyataan-pernyataan yang bersifat umum.