makalah tentang otonomi daerah

dari tadi malam, pengen nyusun makalah tentang otonomi daerah dan cari-cari bahan. beberapa kalimat memang sudah ditulis, tapi lebih banyak “mentok-nya” setiap menyusun kalimat berikutnya... ternyata menulis, merangkai kata dan kalimat menjadi satu ikatan ide tulisan susah juga he..he... alhasil, sampai dengan pagi ini makalah pun belum jadi. yah...kacau deh...

tidak hendak menyerah, untuk mengatasi masalah tersebut, saya membuat satu triks sederhana untuk memudahkan penulisan ; rangkaian kalimat yang sudah saya buat, ataupun kalimat yang saya kutip dari beberapa sumber saya buat dalam sketsa-sketsa kecil, secara acak saja. berangkat dari sketsa tersebut, saya berharap akan mudah buat saya merangkainya menjadi satu rangkaian tulisan.

berikut sketsa-sketsa tersebut :

sketsa 1 : pentingnya desentralisasi menurut rondinelli
rondinelli (1990 : 69) menggambarkan secara jelas, mengapa desentralisasi perlu dipilih dalam penyelenggaraan pemerintahan pembangunan, karena melalui desentralisasi akan dapat meningkatkan efektivitas dalam membuat kebijaksanaan nasional, dengan cara mendelegasikan tanggung jawab yang lebih besar kepada para pejabat tingkat lokal untuk merancang proyek-proyek pembangunan, agar sesuai dengan kebutuhan dan kondisi setempat.

sketsa 2 : keunggulan desentralisasi menurut rondinelli
rondinelli mengemukakan beberapa keunggulan desentralisasi, diantaranya :
pertama, desentralisasi merupakan alat untuk mengurangi kelemahan perencanaan terpusat. dengan delegasi kepada aparat di tingkat lokal, problema sentralisasi dapat lebih mudah dipecahkan.
kedua, desentralisasi merupakan alat yang bisa mengurangi gejala red tape.
ketiga, dengan desentralisasi maka kepekaan dan pengetahuan tentang kebutuhan masyarakat lokal dapat ditingkatkan.
keempat, dengan desentralisasi lebih memungkinkan berbagai kelompok kepentingan dan kelompok politik terwakili dalam proses pengambilan keputusan, sehingga mereka mempunyai kesempatan yang sama dalam memperoleh pelayanan pemerintah.
kelima, struktur pemerintahan yang yang desentralistis sangat diperlukan untuk melembagakan partisipasi warga negara dalam perencanaan dan pengelolaan pembangunan.
keenam, dengan semakin kompleksnya permasalahan dalam masyarakat dan pemerintahan, pengambilan keputusan yang sentralistis menjadi tidak efisien, mahal dan sulit dilaksanakan.

sketsa 3 : alasan penyelenggaraan desentralisasi
the liang gie (1986:35) mengemukakan alasan dilaksanakannya desentralisasi dalam penyelenggaraan pemerintahan di indonesia, yaitu :
1. alasan kulturil, perbedaan-perbedaan dalam berbagai faktor di seluruh indonesia mudah meletus menjadi perasaan tidak puas terhadap pemerintah pusat apalagi diatur secara seragam dari atas. oleh karena itu perlu diselenggarakan pemerintahan daerah untuk secara bebas dan sendiri-sendiri mengatur perbedaan-perbedaan di daerahnya.
2. alasan kesadaran bernegara dan pembangunan ekonomi. dengan adanya pemerintah-pemerintah daerah yang dekat dan langsung dapat dilihat oleh rakyat, maka mereka (rakyat) akan merasa mempunyai suatu negara dan pemerintah yang tindakan-tindakannya dapat mereka rasakan secara langsung.

(unfinished)

---------------------------------------------------
Ahsan Shop
adalah blog tempat menjual aneka camilan, oleh-oleh atau makanan ringan yang khas dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Propinsi Kalimantan Selatan
www.kiosahsan.blogspot.com