peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan

peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan dapat diketahui berdasarkan besarnya pengaruh yang dimiliki masyarakat di dalam proses penentuan permasalahan beserta hasilnya, dari pengaruh yang kecil sampai kepada pengaruh yang besar. peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan terdiri dari

tinjauan dan komentar
masyarakat diberi kesempatan untuk meninjau suatu rencana yang diusulkan. komentar dapat dibuat, tetapi organisasi perencanaan tidak terikat untuk mengubah atau memodifikasi rencana tersebut. peran ini bersifat pasif, yang dirancang terutama untuk menyediakan informasi kepada masyarakat dan kelompok.

konsultasi
dengan peran ini, masyarakat diangkat dan dimintai masukan serta informasi khusus. metode yang dipergunakan untuk memperoleh masukan adalah melalui pertemuan dan kuesioner. peran masyarakat sebagai konsultan adalah utuk menjadi bagian dari usaha pembuatan keputusan. tujuan dari peran konsultasi ini bersifat lebih jauh, bukan hanya sebagai penyedia informasi bagi masyarakat. peran ini merupakan proses komunikasi dua arah di mana tujuan utamanya adalah untuk memperbaiki keputusan.

pemberi nasehat
pengaruh dan peran masyarakat bersifat lebih besar karena masyarakat diangkat ke dalam organisasi dan ditempatkan pada komite kebijakan dan perencanaan di dalam organisasi perencanaan tersebut. tujuan dari peran ini adalah untuk memperoleh informasi maupun dukungan terorganisir untuk kegiatan-kegiatan.

pengambilan keputusan bersama
peran ini menggambarkan partisipasi masyarakat dan perencana yang bertindak sebagai mitra di dalam perencanaan dan pengambilan keputusan. tujuannya adalah untuk mencapai keputusan yang mencerminkan keinginan tim perencana yang di dalamnya memuat aspirasi masyarakat.

pengambilan keputusan terkendali
dalam peran ini, masyarakat memiliki wewenang penuh atas semua kebijakan dan keputusan. peran dari para staf profesional adalah untuk memfasilitasi pengambilan keputusan, yaitu untuk bertindak sebagai penasehat dan menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan oleh masyarakat peran partisipasi masyarakat ini sangat umum untuk organisasi yang bersifat sukarela.

postingan terkait :
partisipasi masyarakat pada program pembangunan
pembangunan dan partisipasi masyarakat

p style="line-height: 100%; margin-top: 0; margin-bottom: 0" align="center">

Cara Cepat Hamil