arti professionalisme

dinihari yang sedikit dingin. aneh juga, sampai dengan bangun tidur dinihari ini, gara-gara baca berita di koran sore kemarin, sepotong kata ini : professionalisme terus saja mengganggu di pikiran. apa arti professionalisme ? supaya tidak terlalu penasaran dan tidak jadi pengganngu pikiran..he...he... saya harus temukan artinya.

setelah saya mengumpulkan banyak sumber dan berkelana kesana kemari...wkwkwk... berikut saya temukan jawabannya :

istilah profesionalisme berasal dari kata professio, dalam bahasa inggris professio memiliki arti sebagai berikut: "a vocation or occupation requiring advanced training in some liberal art or science and usually involving mental rather than manual work, as teaching engineering, writing, etc". (webster dictionary,1960;1163).

dari kata profesional tersebut melahirkan arti profesional quality, status, etc yang secara komprehensif memilki arti lapangan kerja tertentu yang diduduki oleh orang orang yang memilki kemampuan tertentu pula.

menurut seorang ahli yang ditulis namanya sebagai korten & alfonso, 1981 di dalam bahan referensi yang saya dapatkan, beliu berdua itu mendefinisikan profesionalisme sebagai : “kecocokan (fitness) antara kemampuan yang dimiliki oleh birokrat (bureaucratic-competence) dengan kebutuhan tugas (task-requirement)”. dari definisi ini bisa ditafsirkan bahwa terpenuhinya kecocokan antara kemampuan aparatur dengan kebutuhan tugas merupakan syarat terbentuknya aparatur yang profesional. artinya keahlian dan kemampuan aparat merefleksikan arah dan tujuan yang ingin dicapai oleh sebuah organisasi. apabila suatu organisasi berupaya untuk memberikan pelayanan publik secara prima maka organisasi tersebut mendasarkan profesionalisme terhadap tujuan yang ingin dicapai.

ada lagi menurut pendapat ahli lain, tjokrowinoto (1996) memaparkan bahwa yang dimaksud dengan profesionalisme adalah sebagai berikut:
kemampuan untuk merencanakan, mengkordinasikan, dan melaksanakan fungsinya secara efisien, inovatif, lentur, dan mempunyai etos kerja tinggi

pandangan lain, dari ahli yang lain lagi, yaitu siagian (2000) menyatakan bahwa yang dimaksud dengan profesionalisme itu adalah :
keandalan dalam pelaksanaan tugas sehingga terlaksana dengan mutu tinggi, waktu yang tepat, cermat, dan dengan prosedur yang mudah dipahami dan diikuti oleh pelanggan”.

bisa dikatakan bahwa sudah menjadi kebutuhan mendesak bagi aparat untuk bekerja secara profesional serta mampu merespon perkembangan global dan aspirasi masyarakat dengan mengedepankan nilai-nilai pelayanan yang responsif, inovatif, efektif, dan mengacu kepada visi dan nilai-nilai organisasi.

masih tentang paparan definisi professionalisme, sebagai tambahan referensi ada lagi pendapat lain, menurut ancok (2000) yang dimaksud dengan profesionalisme adalah:
kemampuan dalam beradaptasi terhadap lingkungan yang cepat berubah dan menjalankan tugas dan fungsinya dengan mengacu kepada visi dan nilai-nilai organisasi (control by vision dan values)”.


setelah mengetahui dan memahami berbagai pendapat dan pandangan para ahli mengenai arti profesionalisme, saya membuat satu kesimpulan bahwa profesionalisme tidak hanya berbicara tentang soal kecocokan antara keahlian dan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang saja tetapi juga menyangkut kemampuan dalam mengantisipasi segala perubahan lingkungan termasuk kemampuan dalam merespon aspirasi publik dan melakukan inovasi yang pada akhirnya membuat pekerjaan menjadi mudah dan sederhana.

nah, dari definisi-definisi di atas, saya sekarang jadi tahu dan memahami apa arti professionalisme, dan setidaknya sampai dengan dinihari ini, pikiran saya jadi plong...he..he... untuk sementara tidak lagi ada gangguan.

-------------------------------------------------------------
Ahsan Shop
adalah blog tempat menjual aneka camilan, oleh-oleh atau makanan ringan yang khas dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Propinsi Kalimantan Selatan
www.kiosahsan.blogspot.com