Definisi Konsep : Pelayanan Publik

Berdasarkan kerangka teori yang dibangun, maka dapat dikemukakan definisi konsep terhadap variabel-variabel penelitian tentang Pelayanan Publik, sebagai berikut:
Pertama, Akuntablitas Pelayanan Publik adalah suatu ukuran yang menunjukkan seberapa besar tingkat kesesuaian penyelenggaraan pelayanan dengan ukuran nilai-nilai atau norma-norma eksternal yang ada di masyarakat.

Kedua, Faktor-faktor yang mempengaruhi akuntablitas pelayanan publik, meliputi:
  1. Budaya paternalisme yaitu suatu sistem yang menunjukkan pola hubungan/interaksi yang asimetris antara pejabat birokrasi dengan bawahan dan masyarakat dalam kehidupan organisasi dan bermasyarakat.
  2. Etika pelayanan adalah suatu sikap, dan perilaku yang ditunjukkan oleh aparat birokrasi dalam menjalankan tugas pelayanan kepada masyarakat.
  3. Kontrol publik adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat untuk mengawasi perilaku birokrasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik agar pelayan publik yang dilaksanakan sesuai dengan nilai-nilai atau norma-norma yang ada di masyarakat.