pengertian kebijaksanaan menurut beberapa ahli

lasswell dan kaplan mengartikan kebijaksanaan sebagai “ a projected program of goals, values and practices

"…a proposed course of action of a person, group, or government within a given environment providing abstacles and opportunities which the policy was proposed to utilize and overcome in an effort to reach a goal ar realize an objective or a purpose"
(friedrick dalam m. irfan islamy, 2002)

is whatever government choose to do or not to do
artinya apapun yang dipilih oleh pemerintah untuk dilakukan atau tidak dilakukan.
(dye dalam m. irfan islamy, 2002)
bila pemerintah memilih untuk melakukan sesuatu, maka harus ada tujuannya dan kebijaksanaan negara itu harus meliputi semua tindakan pemerintah. di samping itu sesuatu yang tidak dilaksanakan oleh pemerintah pun termasuk kebijaksanaan negara. hal ini disebabkan karena kebijakan yang tidak dilaksanakan tersebut tetap mempunyai pengaruh atau dampak yang sama besarnya dengan kebijakan yang dilaksanakan oleh pemerintah.

kebijaksanaan adalah suatu taktik atau strategi tertentu dalam mencapai suatu tujuan. oleh karena itu suatu kebijaksanaan memuat 3 (tiga) elemen, yaitu :
pertama, identifikasi dari tujuan yang ingin dicapai
kedua, taktik atau strategi dari berbagai langkah untuk mencapai tujuan yang diinginkan;
ketiga, penyediaan berbagai input untuk memungkinkan pelaksanaan secara nyata dari taktik atau strategi.
(amara raksasatya dalam m. irfan islamy, 2002)

analisa kebijakan adalah tindakan yang diperlukan untuk dibuatnya sebuah kebijakan, baik kebijakan yang baru sama sekali, atau kebijakan yang baru sebagai konsekuensi dari kebijakan yang sudah ada
(patton dan savicky dalam nugroho, 2004)

menurut william dunn dalam analisis kebijaksanaan, terdapat beberapa prosedur umum yang harus dilalui oleh seorang analis. yaitu :
  1. peliputan (deskripsi), memungkinkan kita menghasilkan informasi mengenai sebab dan akibat kebijaksanaan di masa lalu;
  2. peramalan (prediksi), memungkinkan kita menghasilkan informasi mengenai akibat kebijaksanaan di masa mendatang;
  3. evaluasi (evaluasi), adalah pembuatan informasi mengenai nilai atau harga dari kebijaksanaan di masa lalu dan di masa mendatang;
  4. rekomendasi (preskripsi), memungkinkan kita menghasilkan informasi mengenai kemungkinan bahwa arah tindakan di masa mendatang akan menimbulkan akibat-akibat yang bernilai.