Teknik Pengumpulan Data & Teknik Analisis Data


Cepat Mendatangkan Duit Berlimpah
Dapatkan Info Lengkapnya dBC Network.
Sangat cocok utk Semua Kalangan
---------------------------------------------------------------------------

Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ada yang menggunakan teknik penelitian kancah/lapangan (field research), yaitu dengan cara mengumpulkan data-data dan informasi secara langsung pada lokasi dan obyek penelitian. Menurut Hadi (1984:11) penelitian kancah adalah “Suatu penelitian yang dilakukan di kancah/lapangan, terjadinya gejala-gejala dengan mengumpulkan data dan informasi secara langsung pada lokasi dan obyek penelitian”

Beberapa sumber data yang diambil untuk dilakukan analisis adalah sebagai berikut :

  1. Dokumentasi, yaitu memanfaatkan data-data sekunder dilapangan. 
  2. Wawancara mendalam (in depth interview), untuk mendapatkan data kualitatif serta beberapa keterangan yang tidak diperoleh dari data sekunder. Wawancara mendalam ini dilakukan terhadap nara sumber (key informan) yang dianggap memiliki pengetahuan yang memadai tentang suatu persoalan atau fenomena yang sedang diamati.
  3. Pengamatan atau observasi langsung terhadap obyek penelitian untuk menggali aspek-aspek yang relevan dan penting sebagai dasar analisis dan interpretasi yang akan dilakukan. Pengamatan di lapangan ini bertujuan untuk menggali kemungkinan adanya informasi yang terlewatkan dari pedoman wawancara yang dilakukan dan berupaya memperkaya dimensi pengamatan dari fenomena penelitian yang ada.

Teknik Analisis Data
Analisa data, menurut Patton (dalam Moleong, 1994:103) adalah Proses mengatur urutan data, mengorganisasikannya kedalam suatu pola, kategori dan satuan uraian  dasar. Ada dua teknik analisis data yang akan digunakan dalam penelitian ini, sebagai berikut :

  1. Teknik deskriptif analisis untuk mengungkapkan atau menggambarkan mengenai keadaan atau fakta yang akurat dari obyek yang diamati, yang disesuaikan dengan teori atau dalil yang berlaku dan diakui. 
  2. Teknik sintesis preskriptif dengan tujuan untuk membangun kembali hasil  analisis kritis yang dilakukan yang dapat disintesakan kedalam variabel penelitian, sehingga diperoleh pengertian yang mendalam mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi itu.