Landasan Teori : Kebutuhan Fiskal


Bisnis Untuk Anak Muda

Dapatkan uang saku jutaan / bln
Jadilah Anak Muda yang Kaya
----------------------------------------------------------


Kebutuhan fiskal (fiscal need) ialah pengeluaran pemerintah untuk menyediakan barang–barang dan jasa-jasa publik berskala regional (kabupaten/kota) yang menjadi tanggung jawab masing-masing daerah. Salah satu cara untuk mengetahui tingkat kebutuhan fiskal yaitu dengan menentukan Indeks Pelayanan Publik Per Kapita (IPPP). Adapun IPPP dapat dirumuskan sebagai rasio antara pengeluaran aktual perkapita untuk jasa-jasa publik dengan standar kebutuhan fiskal daerah (SKF).

Pemerintah daerah membutuhkan dana (fiscal needs) untuk membiayai pengadaan barang-barang dan jasa-jasa publik yang berskala regional dan lokal yang menjadi tanggung jawab masing-masing daerah tersebut. Pengukuran kebutuhan fiskal daerah adalah dengan mempelajari besarmya pengeluaran per kapita masing-masing daaerah (KPD). Dalam pengukuran ini, perlu  ditetapkan  terlebih  dahulu  standar kebutuhan  fiskal (SKF) atau standar pelayanan publik. Standar kebutuhan fiskal Propinsi  adalah   hasil   pembagian   dari   total   pengeluaran   seluruh   Propinsi dengan jumlah penduduk seluruh Propinsi.

Standar kebutuhan fiskal daerah untuk Kabupaten-Kota adalah hasil  pembagian  dari  total  pengeluaran seluruh  daerah  Kabupaten-Kota dengan jumlah penduduk seluruh daerah Kabupaten-Kota. Berdasarkan Standar Kebutuhan Fisakal  (SKF) Propinsi dan Kabupaten/Kota, ditentukan tingkat pelayanan publik di masing-masing daerah itu, di bawah atau di atas standar kebutuhan fiskal (SKF) yang bersangkutan.

Indek penampilan pelayanan  publik  atau IPPP (Public Service Performance Indexs)  dapat ditentukan dengan membagi tingkat pelayan publik per kapita (PPP) dengan standar Pelayanan Publik (SPP) atau rasio antara  kebutuhan fiskal per kapita (KFP) dan standar kebutuhan fiskal (SKF). IPPP dapat dicari dengan rasio antara kebutuhan fiskal per kapita masing-masing daerah (KFD), terhadap Standar Pelayanan Publik (SPP)  di masing-masing daerah. Indek penampilan penampilan pelayanan publik (IPPP) per kapita daerah adalah pembagian antara PPP dan SKF atau KFD dengan SKF di masing-masing daerah.